Senin, 22 Oktober 2012

BAB III PENUTUP



BAB III PENUTUP
1.      Kesimpulan

Banyak bentuk – bentuk pemerintahan di dunia ini, seperti oligarki, anarki, mobokrasi, dandiktator. Setiap Negara menganut bentuk pemerintahan yang berbeda – beda. Indonesiamenganut Demokrasi Pancasila. Bentuk – bentuk peperintahan di atas tidak sesuai dengan nilai –nilai moral demokrasi Pancasila karena itu kita harus hindari. Norma demokrasi Pancasilamenjunjung tinggi nilai moral persatuan, solidaritas, keadilan, dan kebenaran.Paham demokrasi Pancasila bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang berdasarka kekeluargaan, gotong royong, dan kebersamaan menuju masyarakat Indonesiayang adil dan sejahtera.

2.      Saran

Mewujudkan budaya demokrasi memang tidak mudah. Perlu ada usaha dari semua warga negara. Yang paling utama, tentu saja, adalah:
1.      Adanya niat untuk memahami nilai-nilai demokrasi.
2.       Mempraktekanya secara terus menerus, atau membiasakannya.
Memahami nilai-nilai demokrasi memerlukan pemberlajaran, yaitu belajar dari pengalaman negara-negara yang telah mewujudkan budaya demokrasi dengan lebih baik dibandingkan kita. Dalam usaha mempraktekan budaya demokrasi, kita kadang-kadang mengalami kegagalan disana-sini, tetapi itu tidak mengendurkan niat kita untuk terus berusaha memperbaikinya dari hari kehari. Suatu hari nanti, kita berharap bahwa demokrasi telah benar-benar membudaya di tanah air kita, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar